Menurut jenisnya, komputer dikelompokkan menjadi Superkomputer, Mainframe, Minikomputer, Workstation, Mikrokomputer, dan embedded computer (komputer tertanam).

1) Superkomputer

Superkomputer adalah jenis komputer yang mempunyai kemampuan pengolahan data paling tinggi. Komputer ini biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang sangat rumit. Misalnya untuk perancangan cuaca dan roket. Contoh Superkomputer adalah IBM Blue Gene/L (Amerika Serikat) dan NEC Earth Simulator ( Jepang).

2) Mainframe

Mainframe merupakan jenis komputer yang biasa digunakan di perusahaan -perusahaan berskala Internasionalcuntuk menangani pemrosesan data dalam jumlah yang sangat besar. Perusahaan eksplorasi minyak merupakan contoh penggunaan Mainframe. Secara fisik, komputer ini berukuran sangat besar.

3) Minikomputer

Minikomputer biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengahuntuk mendukung pemakai yang berjumlah banyak (multiuser). Minikomputer banyak digunakan di dunia perbankan untuk menangani transaksi. Ukuran fisik komputer ini bervariasi. Ada yang mendekati mainframe, tetapi ada pula yang berukuran seperti PC.

4) Workstation

Workstation adalah jenis komputer yang kemampuannya lebih tinggi dibanding komputer pribadi (PC). Komputer ini dirancang untuk menangani aplikasi-aplikasi teknik dan digunakan oleh pemakai tunggal. Oleh karena kecepatannya yang tinggi, Workstation banyak digunakan dalam pembuatan film.

5) Mikrokomputer

Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (personal computer) atau komputer pribadi. Sesuai dengan namanya, komputer ini awalnya ditujukan untuk perorangan. Dalam perkembangannya, PC juga digunakan oleh banyak pengguna dan untuk berbagai keperluan. Jenis-jenis Mikrokomputer adalah sebagai berikut.
a) PC desktop, yaitu komputer pribadi yang wadah luarnya (casing) ditempatkan diatas meja, dilengkapi keyboard di bagian depan dan layar monitor diatasnya. Beberapa tipe komputer desktop tidak lagi menggunakan casing berbentuk kotak karena komponen-komponen komputer di pasang langsung didalam kotak monitor.

b) Notebook atau komputer laptop, yaitu komputer jinjing yang kemampuannya setara dengan PC desktop tetapi lebih ringan dan praktis dibawa. Berat laptop berkisar antara 0.8 sampai 4 kg.

c) Netbook,yaitu komputer jinjing serupa laptop tetapi ukurannya lebih kecil dan bobotnya lebih ringan. Kegunaan utama netbook adalah untuk mengakses internet.

d) PC Tablet,yaitu komputer laptop yang layarnya dapat dibuka hingga 180° dan ditulisi seperti buku tulis.

e) Personal digital Assistant (PDA) atau Palmtop, yaitu komputer genggam yang dilengkapi fungsi-fungsi) seperti perencanaan jadwal, buku alamat dan daftar tugas, serta mampu mengirim email dan fax. Tidak semua tugas komputer desktop maupun komputer laptop bisa dikerjakan oleh PDA.

f) Ultra Mobile Personal Computer atau UMPC,yaitu komputer jinjing yang dapat mengerjakan semua tugas komputer desktop maupun komputer laptop, namun ukurannya sekecil PDA.

Jangan Lupa Like, Komen ,and Follow!

Jangan lupa Share juga!

Picture by google.com

Baca artikel menarik lainnya: